TENTANG KAMI

TENTANG OSMOSIS

“Osmosis” merupakan kata yang digunakan sebagai nama kegiatan Plaza Desain 2012. Berasal dari bahasa latin Osmose/Osmos yang berarti mendorong. Osmosis adalah istilah dalam ilmu biologis dan kimiawi yakni proses perpindahan dia jenis konsentrat dari konsentrasi rendah ke tinggi, dengan cara menembus dinding sel membran untuk menyeimbangkan kadar keduanya.
Berangkat dari pemahaman pentingnya identitas yang berkualitas dalam ranah desain, kami menganalogikan Osmosis sebagai semangat perjuangan seorang desainer melewati berbagai rintangan dalam mencari potensi identitasnya melalui eksplorasi kreatifitas, kemudian diterapkan secara konsisten tanpa menyampingkan faktor fungsi dan kualitas dalam menghasilkan suatu karya.

LATAR BELAKANG PLAZA DESAIN OSMOSIS

Pandangan masyarakat mengenai Desain Komunikasi Visual selama ini masih terbatas pada fungsi estetis atau keindahan semata. Masyarakat belum melihat bahwa sebuah desain memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, membentuk, pandangan, dan menjadi bagian dari suatu proses informasi (komunikasi).

Tahun 2009 ditetapkan oleh Presiden RI sebagai tahun industri kreatif, dimana pemerintah mengakui pentingnya industri kreatif (termasuk desain) sebagai salah satu penyumbang Pendapatan Domestik Bruto. Pada 2010, Menteri Perdagangan menyatakan bahwa industri kreatif memiliki prospek menaikkan pasokan PDB sebesar 10% (Kemenperin Indonesia), namun nilai tersebut masih dibawah negara lain yang menggerakkan sector indisutri kreatif sebagai penyumbang PDB bagi negaranya.

Sungguh ironis mengingat industri kreatif akan menjadi tumpuan harapan kemajuan bangsa di tengah menipisnya cadangan sumber daya alam. Lambatnya perkembangan industri kreatif ini menyebabkan lahan pekerjaan desainer begitu terbatas. Hal ini berbanding terbalik dengan terus bertambahnya lulusan desainer dari berbagai institusi pendidikan.

“Sejak tahun 2005 diperkirakan jumlah lulusan desainer terus bertambah sebanyak kurang lebih 1500 lulusan setiap tahunnya.”
(Djoko Hartanto, Concept, 2005 vol.01 edisi 05).

Mirisnya, kuantitas lulusan tidak diimbangi dengan kenaikan kualitas. Teknis yang diajarkan di instiusi cenderung serba sama, sehingga gaya desain grafis yang dihasilkan kurang berkarakter dan terlihat seragam. Belum lagi semkain mudahnya mendapatkan software / plug-ins yang beredar illegal. Tentu kondisi ini menyebabkan persaingan menjadi tidak sehat. Desain dijual dengan harga yang rendah dan cepat asalkan bisa memenuhi tuntutan profesi.

Hilangnya faktor identitas yang otentik juga berkualitas pada desainer menyebabkan desain yang dihasilkan tidak variatif serta menyebabkan lambatnya perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Berangkat dari keadaan inilah Plaza Desain 2012 berupaya memulai semangat perubahan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya memiliki identitas yang otentik juga berkualitas bagi setiap desainer, agar karya yang dihasilkan lebih bervariasi; desainer tidak perlu lagi takut tidak kebagian lahan pekerjaan di industri karena bisa mendapatkan pekerjaan dan apresiasi lewat aspek lain yang membutuhkan esensi desain sebagai pemecah masalah.
Dengan demikian, desainer turut berkontribusi dalam memberikan alternatif dan mempercepat perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Advertisements
Comments
One Response to “TENTANG KAMI”
  1. Rio Adiwijaya says:

    to be able to nail the problematique stated here (in the latar belakang) requires a certain critical attitude. salute to you all & good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: